Ingin Sukses di Usia muda, jangan “cengeng”


Semoga Blog ini bisa membawa Manfaat utk Pembacanya. Amin😀


( Narasumber : Nu’man Faqih A.K.A Pengalaman Pribadi ^_^)

Betapa beruntungnya kamu, jika usia belum genap 23 tahun tetapi sudah merasakan indahnya dunia kerja. Mengapa saya katakan “indahnya dunia kerja”?? Karena kamu akan mendapatkan banyak hal & ilmu baru di dunia kerja, yang tak ada di dunia perkuliahan. Buat kamu yang belum mengecap dunia kerja saat usia mendekati 23, jangan khawatir. Karena bisa jadi kamu menyimpan banyak skill / keahlian non formal yang didapat dari kursus2 serta training. Satu hal yang masih kamu tunggu adalah “panggilan interview”. Ini hanya masalah waktu saja, & biarkanlah mengalir. Kita harus yakin, bahwa Allah memiliki rencana indah di setiap perjalanan hidup kita.

Saat kamu sudah berada dilingkaran “dunia kerja”, saat itu pula moment “SUKSES” sudah mendekati kamu. Mengapa?? Karena saat itu, “orang luar” sudah menganggap kamu mampu mengerjakan hal2 yang bisa menguntungkan perusahaan mereka. Ini adalah point lebih kamu. Perlu diingat, moment “sukses” bukan dilihat dari besarnya gaji perbulan kamu. Tapi moment “sukses” dilihat dari besarnya ilmu / skill yang dapat kamu serap dalam kurun waktu yang singkat. Sudah merupakan hal yang lumrah, jika kamu “Fresh Graduate” maka akan menerima gaji dgn grade “level pemula”. Jangan pernah mengeluh!!. Karena di luar sana, ada banyak orang yang iri pada kamu. Mereka iri krn belum mendapatkan kesempatan utk terjun di dunia kerja. Maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah “BERSYUKUR”. Bersyukur krn memiliki kesempatan untuk bekerja. Bersyukur karena mendapatkan posisi di tengah2 masyarakat. Apakah cukup dengan hanya “bersyukur”??? tentu tidak. Karena jika kamu cepat puas, dan hanya bertahan di titik “bersyukur”, maka kesempatan untuk sukses di usia muda sangatlah sulit (bukan tidak mungkin, hanya saja butuh proses yang lebih lama).

Faktor utama “sukses” bukanlah dari IQ yang tinggi / tingkat kepandaian. Faktor penentu kesuksesan yang paling utama adalah “Kemauan” / “keinginan”. Yang dimaksud dengan “Kemauan” adalah Hasrat untuk mengetahui hal positif baru yang terjadi disekitar kita. Apapun itu!!. Terutama yang menyangkut pekerjaan kita di kantor. Semakin besar “Kemauan” kamu untuk mempelajari hal2 baru, secara tak langsung “kemauan” ini akan mendorong spirit baru dalam diri kamu, yaitu ” Semangat”. Dengan adanya “kemauan” & “Semangat”, maka perjalanan kamu dalam meraih “Sukses” akan semakin mudah. Dengan adanya “Kemauan” dan “semangat”, tubuh tidak akan dimanjakan dengan perasaan “Cepat puas”. Ingatlah, “Pelaut tangguh bukan lahir dari laut yang tenang, melainkan lahir dari laut yang penuh ombak besar dan bergelombang”.

Berbanggalah kamu, jika di usia muda sudah mendapatkan kepercayaan untuk menangani banyak pekerjaan dikantor. Beberapa dari kita (termasuk saya dulu), sering mengeluh dan komplain ketika diberikan pekerjaan yang tidak termasuk dalam jobdesk sehari2. Dalam kasus saya, saat itu saya menganggap bahwa pekerjaan harian yang saya terima (di luar jobdesk), merupakan suatu petaka. Amat menderitanya saya jika tidak bisa bebas browsing / chatting krn harus fokus mengerjakan pekerjaan yg bukan bagian dr jobdesk. Namun belakangan saya sadar, bahwa jobdesk baru tersebut merupakan ilmu baru untuk saya di masa mendatang. Tanpa sadar, saya telah dipaksa untuk mempelajari sesuatu secara bertahap dan terus bertambah ketika saya sudah menguasainya.

“Jangan jadi Cengeng”!!!. Jangan seperti saya ketika 6 bulan yang lalu masih menganggap bahwa tugas2 baru merupakan awal dari petaka. Itu salah TOTAL!!. Karena motto yang benar adalah, “tugas2 baru merupakan awal dari kesuksesan “. Saat ini, relakanlah keringat kamu mengucur lebih banyak. Karena dari keringat itu, akan kamu petik hasil positif yang tak pernah terbayang sekarang. Tak ada kesuksesan yang diraih dengan berjalan di tempat (tanpa keringat). Tapi kesuksesan sejati di raih dengan berlari sprint (keringat mengucur).

SEMANGAT SEMANGAT SEMANGAT😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: