From Zero to Hero


Internet kini telah menjelma menjadi ‘ladang’ dan mesin pencetak uang bagi setiap orang untuk memupuk kekayaan. Hebatnya lagi kekayaan yang mereka peroleh bukan dari warisan, tapi dari kemampuan dan kreatifitas, serta kerja keras mereka dalam mengeksplor internet sehingga menjadi mesin uang bagi mereka dan dinobatkannya mereka sebagai bagian dari jajaran ‘Pengusaha-Pengusaha Terkaya Dunia’ versi Majalah Forbes. Siapa sajakah mereka?

Booming internet pada awal 2000-an, benar-benar dimanfaatkan sebagai peluang oleh beberapa orang untuk mencari uang dan kekayaan. Bahkan hanya dengan mengandalkan ‘dunia tanpa batas’ ini beberapa orang berhasil menjadi salah satu dari pengusaha-pengusaha terkaya di dunia.

Jaringan internet sendiri yang pada awal mulanya hanyalah sebuah proyek penelitian lembaga militer Amerika Serikat, kini telah menjelma menjadi sebuah entitas bisnis yang menjanjikan serta gaya hidup bagi sebagian besar orang di seluruh dunia.

Pengguna internet yang terus bertumbuh dari tahun ke tahun telah membuka peluang bagi setiap orang untuk mencari keuntungan dan kekayaan, serta menjadi terkenal. Hal ini sudah dibuktikan dengan masuknya beberapa pengusaha berbasiskan internet yang berhasil masuk dalam daftar peringkat pengusaha-pengusaha terkaya dunia yang dirilis majalah kenamaan, Forbes, dalam beberapa tahun terakhir ini.

Pada tahun ini, majalah Forbes kembali merilis orang-orang yang pantas masuk dalam daftar jajaran ‘Pengusaha-Pengusaha Terkaya Dunia’. Didalam daftar peringkat tersebut, beberapa orang yang bisnis utamanya berbasiskan internet berhasil masuk dalam daftar yang dirilis oleh majalah tersebut. Diantara mereka yang masuk daftar pengusaha-pengusaha terkaya di dunia, terdapat beberapa orang yang usianya relatif muda serta belum mencapai umur 40 tahun.

Yang lebih hebatnya lagi, ketenaran dan kekayaan yang mereka dapatkan bukanlah hasil dari warisan orang tua, tetapi hasil dari kemampuan dan kreatifitas mereka dalam mengeksplor internet ditambah dengan kerja keras, sehingga menghasilkan keuntungan yang besar dalam waktu relatif singkat.

Inilah beberapa pengusaha internet berusia muda yang masuk dalam daftar Majalah Forbes tersebut:

Sergei Brin dan Larry Page

Berturut-turut sudah kedua orang pendiri Google ini masuk dalam daftar peringkat ‘Pengusaha Terkaya Dunia’ versi majalah Forbes. Pada tahun ini Brin dan Page berada di peringkat 24 dengan kekayaan masing-masing sekitar USD17,5 miliar, sedangkan total aset Google Inc. mencapai USD40,49 miliar dengan pendapatan kotor pada tahun 2009 sekitar USD23,651 miliar dengan laba sebesar USD6,52 miliar.

Google Inc. yang inti bisnisnya sebagai mesin pencari di internet, kini benar-benar telah menjadi mesin pencetak uang bagi Brin (36 tahun) dan Page (37 tahun). Bukan tidak mungkin kedua pendiri Google ini mampu menyodok masuk ke dalam 10 besar, melihat dari kinerja dan perluasan bisnis Google yang kini mulai merambah bisnis telepon seluler dengan perilisan Android.

Banyak kalangan memprediksi bahwa platform Android di tahun-tahun mendatang bisa menjadi nomor satu sebagai platform yang paling banyak digunakan. Dengan semakin banyak pengguna Android di seluruh dunia, bisa dipastikan pundi-pundi kekayaan duo Google ini makin tambun.

Mark Zuckerberg

Inilah anak muda paling fenomenal sejagat saat ini, usianya yang baru menginjak 25 tahun, tapi telah menjelma menjadi salah satu dari pengusaha-pengusaha terkaya versi Forbes secara berturut-turut. Usia yang sebenarnya masih dalam tahap pencarian identitas tersebut, tidak menghalangi Mark Zuckerberg untuk menjadikan situs jejaring sosial kembangannya, yaitu Facebook, sebagai situs jejaring sosial nomor satu dunia.

Facebook sebenarnya berawal dari keisengan Mark Zuckerberg yang ingin membuat situs pertemanan antarmahasiswa di kampus Harvard tempatnya kuliah pada 2004, ternyata situs tersebut digemari oleh para mahasiswa Harvard. Melihat peluang terbuka lebar di depan mata, akhirnya Mark memutuskan untuk drop out kuliah dan lebih serius mengembangkan Facebook.

Kini Facebook telah menjadi situs yang paling digemari di dunia, bahkan pada tahun ini di Amerika Serikat, Facebook berhasil mengalahkan Google dalam hal jumlah pengaksesnya. Tentu saja, dengan bertambahnya pengguna Facebook setiap tahunnya, mengatrol kekayaan pendiri Facebook tersebut yang diestimasi oleh Forbes sekitar USD 4 miliar. Sedangkan total aset bisnis Facebook mencapai USD 15 miliar.

Yoshikazu Tanaka

Pria berkewarnegaraan Jepang yang masih berusia 33 tahun ini merupakan pendiri dari situs jejaring sosial bernama Gree. Situs pertemanan versi Jepang buatan Tanaka kini telah menjadi situs pertemanan yang paling digemari di Jepang.

Pada tahun ini Gree memiliki pengguna mencapai 15 juta pengguna di Jepang. Kepopuleran Gree mengangkat harga saham Gree dan kekayaan sang pendiri yang diestimasi sekitar USD 1,4 miliar, naik dua kali lipat dari tahun sebelumnya.

Sebenarnya situs Gree ini berawal dari hobi Tanaka pada saat ia bekerja di Rakuten, situs belanja populer milik yang juga masuk dalam jajaran pengusaha-penguaha terkaya dunia versi Forbes dan orang terkaya keenam di Jepang, Hiroshi Mikitani.

Kini situs yang berawal dari hobi tersebut berkembang menjadi situs jejaring sosial paling digemari di Jepang. Di situs tersebut, para pengguna situs dapat mengubah profil avatar game mereka dengan cara membeli baju dan aksesori. Dan dengan kejeliannya tersebut, Tanaka kini telah menikmati ketenaran dan kekayaan di usia muda.

Itulah beberapa orang muda yang masuk dalam daftar pengusaha-pengusaha muda terkaya dunia yang dirilis majalah Forbes pada tahun ini. Mereka melihat peluang dan kesempatan yang terdapat pada jejaring internet, dan dengan kemampuan, kreatifitas, serta kerja keras, mereka sukses menjadi miliarder-miliarder muda internet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: