Pesan Bisnis Yahoo untuk Google


CALIFORNIA – Yahoo dan Google adalah dua perusahaan raksasa internet yang saling bersaing satu sama lain. Idealnya sebagai kompetitor mereka harus ‘bermusuhan’, lalu apa jadinya jika sang lawan malah memberikan petuah agar perusahaannya bisa maju?

Itulah yang dilakukan CEO Yahoo Carol Bartz, menurutnya Google akan memiliki masalah jika tidak melakukan pengembangan usaha yang lain. Pengganti Jerry Yang ini mengatakan bahwa Google akan harus melakukan lebih banyak dari sekedar sebagai mesin pencarian semata.

Petuah Bartz tersebut rasanya memang agak kontradiktif, mengingat menurt hasil survei comScroe, Yahoo hanya menguasai 17 persen pasar search engine, dibandingkan dengan Google yang sudah menguasai 65 persen pasar di AS saja. Memang, Yahoo baru-baru ini melakukan kesepakatan untuk menggunakan Microsoft Bing untuk pencarian kekuasaan di situsnya.

“Google akan mengalami masalah karena Google hanya dikenal sebagai mesin pencari saja. Itu artinya, hanya setengah bisnis kami, itu 99,9 persen dari bisnis mereka. Mereka harus menemukan hal-hal lain yang harus dilakukan,” kata Bartz, seperti diberitakan BBC, Jumat (30/4/2010).

Bartz menyebutkan Yahoo memiliki lebih dari 70 website dan layanan, dan tersedia alam 20 bahasa di seluruh dunia. Beberapa pengamat bahkan telah mengkritik perusahaan itu tumbuh terlalu besar, tidak memanfaatkan akuisisi dan memiliki situs terlalu banyak.

“Memang situs kami sangat banyak. Bagi sebagian orang itu tidak bagus. Akan tetapi, mesti diingat bahwa portofolio yang luas akan lebih diutamakan dalam jangka panjang,” sebutnya

Ada benar dan tidaknya memang petuah ini, namun menurut data yang dilansir Nielsen, Yahoo menjadi salah satu situs yang mempunyai pengunjung terbanyak hingga 200 juta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: