TEKNIK TEKNIK PROMOSI


A. PENGERTIAN DAN TUJUAN PROMOSI

Dengan semakin banyaknya pertambahan penduduk, sudah barang tentu akan mengakibatkan bertambahnya tenaga kerja. Untuk menghubungkan kebutuhan kepentingan perusahaan denga pra konsumen dengan adanya promosi. Apa promosi itu??? Promosi adalah merupakan kegiatan dalam pemasaran yang bertujuan untuk meningkankan penjualan produk yang sesuai dengan permintaanpara konsumen. Promosi adalah salah satu alat untuk mempengaruhi konsumen, baik lansung maupun tidak lansung. Promosi itu sangat luas, dimulai sejak pemasangan iklan, mendatangi konsumen rumah kerumah, (door to door), pelayanan penjualan produk demonstrasi. Sebelum perusahaan mengadakan promosi,hendaknya membuat perencanaan yang mantap dengan mempertimbangkan faktor2 yang ada kaitannya dengan promosi. Timbulnya promosi adalah sebagai akibat adanya bayer’s market, artinya barang2 produksi perusahaan mencari parapembeli. Seperti kita ketahui bahwa para produsen, pedagang besar, dan eceran adalah yang paling banyak menyelenggarakan promosi. Promosi disini adlah sebagai alat untuk mendorong tercapainya program penjualan.

Dapat diambil sauatu kesimpulan bahwa pengertian promosi itu adalah membujuk dan mengarahkan konsumen, agar dapat mewujudkan dan menciptakan pertukaran dalam pemasaran. dengan perkataan lain, Promosi adalah memperkenalkan produk, meyakinkan, serta meningkatkan kembali memfaat produk kepada pembeli, agar mereka mau membeli produk..

B. KEUNTUNGAN DAN SASARAN PROMOSI

Setip perusahan yang ingin meningkatkan penjualan produknya selalu menggunakan promosi. sedangkan yang menjadi sasaran dari promosi adalah seluru masyarakat konsumen. oleh karna itu perusahan harus berusaha mempengaruhi masyarakat konsumen agar mereka dapat menciptakan permintaan atas produk. Agar promosi itu kena sasaran, maka perusahaan berusaha menggunakan advertensi komunikasimassa, seperti surat kabar, majala, radio, televisi, dan reklame. S edangkan keuntungan promosi secara umum adalah mempengaruhi tingkat penjualan., sehingga keuntungan yang diharapkan perusahaan dapat meningkat. Keuntungan Promosi secara khusus adalah merupakan alat informasi dalam memperkenalkan produk perusahaan.

KEUNTUNGAN PROMOSI ADALAH,,,

1. Dapat meningkatkan omzet penjualan produk
2. Dapat memperpendek piutang2 yang diberikan perusahaan
3. Meningkatkan para pembeli tentang barang2 yang akan dibeli
4. Membetuk produk motives dan patronage motives
5. Meningkatkan barang2 perusahaan supya lebih terkenal
6. Dapat meningkatkan produksi perusahaan
7. Meningkatkan keuntungan atau laba perusahaan
8. Perputaran modal kerja perusahaan menjadi lebih cepat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: