LIMa Strategi orang sukses


Hampir setiap orang memiliki keinginan untuk sukses. Namun seringkali sikap mental yang negatif menghalanginya. Lalu bagimana cara menghadapi hal itu ? Resepnya sederhana, hanya menjalankan 5 strategi di bawah ini.

Saya seringkali melihat orang yang mempunyai sikap mental yang sangat negatif. Setiap kali berbicara dengan dia, selalu berkata, “Wah saya tidak bisa.” “Ah tidak mungkin saya lakukan.” “Saya pasti tidak mampu”. Dan kalau ditanya kenapa hal itu sampai gagal ? Dia selalu berkilah,” Wah pekerjaannya kurang menyenangkan.” “Ordernya terlalu sulit” dan lain-lain.

Maka untuk mengubah orang-orang gagal menjadi orang-orang sukses, ada 5 strategi yang perlun dijalankan:

1. Berhentilah menyalahkan situasi anda. Jangan berkata, “Ah saya kan lahir dari keluarga miskin.” “Ah pendidikan saya kurang baik.” “Ah teman-teman saya kurang pandai.” “Saya tidak punya koneksi.” Dan lainnya. Berhentilah menyalahkan keadaan anda.

Beranggaplah bahwa anda adalah sebuah cahaya matahari yang tidak mengenal situasi apapun untuk terbit dipagi hari. Jangan salahkan situasi yang tidak mendukung anda. Jika hal itu terjadi berusahalah untuk mencari permasalahan atau situasi apa yang menyebabkan anda samapai sedemikian rupa hingga menjadi korban situasi.

2. Berhentilah menyalahkan orang lain. Karena ada orang lain yang tidak ‘mengenakkan’ anda, lalu anda menyalahkan orang tersebut. “Kenapa ya bapak saya tidak kaya ?” “Kenapa teman saya tidak menolong saya. Awas lho, kalau nanti gagal,ini pasti gara-gara teman saya.” Kata ‘gara-gara’ buang dalam kehidupan anda. Berhentilah menyalahkan orang lain atas hasil kerja anda.

Menyalahkan orang lain hanya akan membuat anda sebagai pengecut yang ingin lepas dari tanggung jawab. Sebagai seorang yang kuat dan menginginkan kesuksesan justru kelak akan diingat oleh orang lain sebagai pemberi solusi untuk lepas dari belenggu.

3. Jadikan diri anda sebagai ‘solution oriented’ atau selalu memikirkan solusi dari sebuah persoalan. Anda harus menjadi bagian dari solusi bukan sebagai permasalahn itu sendiri.

Jika anda sebagai anak solusi apa yang anda dapat berikan untuk membahagiakan orang tua ?

Jika anda sebagai pelajar atau mahasiswa solusi apa yang dapat anda berikan pada kelompok belajar anda ?

Jika anda sebagai karyawan solusi apa yang dapat anda berikan untuk perusahaan yang sedang mengalami krisis. ?

Jika anda sebagai saudara dari keluarga anda solusi apa yang dapat anda berikan jika saudara sedang mengalami kesulitan. ?

Jika anda adalah kepala keluarga solusi apa yang menjadikan keluarga anda bisa harmonis dan menjadi ayah yang bijak dimata anak-anak anda ?

4. ‘Know your gap.’ Ketahuilah kelemahan anda. Anda tahu sekarang di mana, apa kekurangan saya dan ingin ke mana. Jadi anda tahu sebenarnya kurang mampu berbicara, tapi harus jadi pembicara. Setiap meeting selalu jadi pembicara. Maka anda tahu ‘gap’ anda, yakni kekurangan yang harus diperbaiki. Setelah mengetahui kelemahan anda, lalu ketahui keinginan anda.

Belajar untuk mengetahui kelemahan adalah hal yang sulit, lebih sulit lagi ketika anda berusaha untuk memperbaiki kelemahan tersebut. Ada rasa malas yang amat sangat ketika anda ingin menambah kemampuan anda manakala anda dalam posisi yang sudah nyaman. Kemampuan anda akan turun jika tidak berusaha untuk melatihnya.

Pekerjaan yang separuh-separuh dan tertunda tunda hanya akan menghambat hidup anda menuju kesuksesan. Sekarang anda bayangkan jika dalam suatu saluran air semakin banyak belokan dan semakin banyak hambatan yang ada didalam saluran tersebut hanay akan mengakibatkan adalah air akan mengalir tidak sederas saluran yang tanpa hambatan.

5. Belajarlah, perbaikilah kemampuan anda setiap hari yakni sikap dan keahlian anda. Kerjakanlah setiap hari yang membuat anda menjadi lebih dekat dengan tujuan anda. Jadi anda tahu berada di sini, dan mau ke sana. Maka ‘gap’ atau jarak yang ada, kita kurangi dengan melatih keahlian kita. Kita latih sikap kita sehingga menjadi lebih baik lagi.

Menambah pengetahuan baru adalah hal yang menarik. Dengan pengetahuan baru hidup tidak akan terasa bosan. Selalu ada adrenalin yang akan terus memacu hidup anda. Perasaan terkekang ketika berada dalam situasi yang menyedihkan ketika belajar adalah hal yang mencekam. Tapi setelah anda keluar dari lingkup tersebut dan menjadi orang yang pantas dengan ilmu yang baru anda pelajari maka kesuksesan akan datang dengan sendirinya.

Tetaplah untuk selalu konsisten dengan apa yang ada dalam pemikiran awal anda bahwa kegiatan tersebut akan membawa menuju kesuksesan.  Konsisten dalam pengertian bahwa anda akan menyeselsaikan sesuatu sampai dengan tujuan anda tercapai. Ketika anda konsisten pada suatu hal maka anda akan menjadi ahli pada hal tersebut. Setelah itu pikirkan hal baru yang akan menambah keahlian anda dan lakukan lagi secara konsisten. Begitu terus anda lakukan berualng-ulang dengan kemauan dan semangat.

Jadi ada 5 strategi untuk orang-orang yang negatif. Yakni berhentilah menyalahkan sutuasi, berhentilah menyalahkan orang lain, mulailah memikirkan solusi, ketahuilah kelemahan anda. Anda mau sampai ke mana, ‘gap’ anda apa. Dan terakhir bekerjalah setiap hari dengan sikap dan kemampuan yang lebih baik. Sehingga anda mencapai tujuan anda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: